Makna Gerakan Sholat

Leave a Comment
Assalamualaikum Wr.Wb.

Alhamdulillah masih diberi kesehatan dan kesempatan umur bagi kita semua, terutama nikmat Islam yang akan membimbing kita kejalan yang terang. In Shaa Allah....
Pagi ini entah kenapa jadi ingin sharing tentang makna-makna dari gerakan sholat yang merupakan pondasi utama bagi umat muslim di dunia. Sadarkah kita jika semua gerakan dalam sholat memiliki makna masing-masing yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita. Dengan mengucap "Bismillah" kali saya akan mencoba memaparkan satu per satu arti dari setiap gerakan yang kita lakukan saat sholat~
1) Posisi setelah Takbir
   Posisi tersebut adalah posisi pada saatnya nanti kita menghadap Sang Penguasa, Allah SWT. Posisi tersebut mengingatkan kita agar tetap selalu bersyukur karena masih diberi kesempatan hidup sehingga masih dapat berdiri tegap dengan posisi tangan sendakep di perut kita, berbeda bagi orang-orang yang sudah habis kesempatan hidupnya. Mereka akan menirukan posisi tersebut dengan raga yang terbaring lemas. Subhanallah, Maha Besar Allah SWT atas segala apa yang ada di semesta ini.
2) Posisi Rukuk
   Posisi ini tidak hanya bisa membantu  menjaga kesehatan jasmani kita, namun juga mengingatkan kita akan suatu hal dalam kehidupan sehari-hari kita, yaitu keberadaan orang-orang yang belum beruntung kehidupannya seperti kita. Posisi rukuk adalah dengan menghadapkan wajah kita kebawah yang menandakan bahwa alangkah baiknya apabila kita memandang mereka yang masih dibawah kita agar dapat menjadi pengontrol dan pengendali tingkah laku kita yaitu menjauhkan sifat sombong dan iri hati yang merupakan penyakit hati yang sangat merugikan kita sebagai umat muslim. Posisi ini juga mengingatkan kita agar selalu bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan kepada kita dan mau membantu saudara-saudara yang mengalami kesusahan/musibah. Karena Islam mengajarkan kita untuk saling membantu, bukan menjatuhkan.
3) I'tidal
   Posisi badan tegap lurus ini bermakna keadilan yang harus kita junjung dalam kehidupan ini. Tidak hanya dengan orang yang memiliki kuasa saja kita harus bersikap adil, namun juga dengan orang-orang yang tidak memiliki kuasa sekalipun. Keadilan yang dimaksud adalah kemampuan kita untuk tidak membedakan orang-orang yang memiliki uang, mereka yang dekat dengan kita, keluarga kita, teman kita, sahabat atau bahkan suami/istri kita. Keadilan untuk mengangkat kebenaran dan melawan yang salah adalah poin penting dari posisi I'tidal ini.
4) Sujud
   Menjadikan kita sadar bahwa asal mula manusia adalah tanah dan nantinya akan kembali ke tanah juga. Dan bisa menjadikan kita selalu ingat akan kematian yang bisa datang kapan saja tanpa mengenal umur, gender, ataupun jabatan yang sedang kita emban. Karena orang yang pintar adalah orang yang selalu berpikir akan datangnya kematian.
5) Duduk diantara 2 sujud
    Posisi duduk diantara dua sujud menggambarkan waktu kita hidup didunia ini hanya sementara, sebab banyak ulama yang mengatakan bahwa hidup didunia hanyalah sesaat saja yang abadi ialah alam akhirat. Doa pada saat posisi duduk diantara dua sujud mengandung makna doa untuk keberlangsungan hidup umat manusia. Berikut makna dari doa dari duduk diantara dua sujud:
       Rabbighfirli   -   ampuni aku
       Warhamni      -   sayangi aku
       Wajburni        -   cukupi kekuranganku
       Warfa'ni         -   tinggikan derajatku
       Warzuqni       -   beri aku rezeqi
       Wahdini         -   tunjuki aku
       Wa'afini         -   sehatkan aku
       Wa'fu'anni      -   maafkan aku
6) Salam
    Yaitu memberikan salam kepada setiap orang sebagai umat muslim. Salam menggambarkan ketidakadanya perbedaan dari setiap muslim didunia sehingga dapat selalu bersatu untuk menciptakan kaum yang damai dan diberkahi Allah SWT.

Kesempurnaan hanya milik Allah SWT, manusia adalah tempat kekurangan dan kesalahan. Mohon ampun dan berlindunglah kepada-Nya karena hanya Allah SWT pelindung bagi seluruh makhluk di alam semesta ini.

Wassalamualikum Wr.Wb






0 komentar:

Posting Komentar